Rabu, 07 Desember 2011

Pencegahan Korosi Pada Jembatan Baja

Jembatan baja mempunyai beberapa keunggulan terhadap jembatan beton. Jembatan
baja lebih ringan, lebih mudah dibuat, kekuatannya dapat lebih dipercaya. Berbagai hal ini
menjadikan jembatan baja lebih disukai, apalagi jembatan baja lebih indah dalam bentuk
serta warnanya.

Kebanyakan jembatan baja dilindungi terhadap korosi dengan pengecatan secara
berkala. Pengecatan ulang pada jembatan dengan laju korosi sedang biasanya dilakukan
setiap lima tahun.
Setelah perang dunia II banyak cat resin sintetis yang diperkenalkan. Cat dari jenis ini
jauh lebih tahan korosi bila dibandingkan dengan cat konvensional. Namun demikian tingkat
keawetannya masih sangat dipengaruhi oleh kesempurnaan pembersihan permukaan sebelum
pengecatan. Pemakaian cat terbaik sekalipun, jika tidak disertai pembersihan permukaan
sebagaimana mestinya, hasilnya akan sangat mengecewakan.

Tiga puluh tahun terakhir ini teknologi cat mengalami perkembangan cukup pesat,
sesuai dengan tuntutan yaitu awet, menarik, perawatan minimal, serta ekonomis. Sistem
tertentu memakai lapisan setebal 200 mikron atau lebih, dimaksudkan untuk memperpanjang
interval pengecatan ulang 10 sampai 15 tahun. Sebagai contoh, pemakaian cat yang
mengandung zink anorganik dengan film tebal dari cat phenolic resin, cat karet klorinat, atau
cat polyurethene resin. Penyemprotan zink-metal pada cat zink anorganik juga dikenal
sebagai prime coat.

Jika pengecatan tidak diperlukan, keuntungan secara ekonomis menjadi tak ternilai.
Suatu kenyataan pengecatan dapat dihindarkan dengan penggunaan baja tahan karat dengan
paduan rendah (low-alloy weathering steel), seperti tembaga )Cu), pospor (P), krom (Cr),
nikel (Ni), aluminium (Al), molybdenum (Mo), titanium (Ti). Salah satu atau beberapa aloi
tersebut dicampurkan pada baja. Setelah beberapa tahun, reaksi antara aloi dengan oksigen
yang terdapat di udara secara bebas, maka akan terbentuk suatu lapis tipis karat yang
menutup permukaan baja. Lapis karat tipis ini menghambat terjadinya korosi lebih lanjut.
Berbeda dengan karat pada umumnya, maka karat pada weathering steel ini berwarna coklat
tua dan menambah keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Lewat Facebook